Kamis, 21 Agustus 2014

3 Tips Untuk Membersihkan Sofa Berbahan Kulit Sintetis

Memiliki Sofa Berbahan Kulit Memberikan Prestige Yang Elegant

Sofa kulit adalah perabot indah yang selalu menjadi incaran para pakar dekor rumah, karena bisa menampilkan kesan elegant bagi siapapun yang melihatnya. Tapi jika Anda memiliki beberapa perabot atau sofa berbahan kulit, salah satu masalah yang harus anda pertimbangkan adalah bagaimana membersihkan ketika ada kotoran atau noda yang ada pada lapisannya.


Dirumah, kami memiliki dua set sofa berbahan lapisan kulit yang sudah dimiliki oleh keluarga secara turun temurun sejak tahun 1920. selain karena nilai historis, sofa ini tergolong barang antik bagi kami. Tak perlu diragukan, sofa dengan bahan dasar kulit memiliki daya tahan yang lama, namun tidak dengan permukaan yang terkena noda. Kehawatiran muncul saat kami harus membersihkan sofa tersebut, selain karena usia kulitnya yang sudah sangat lama. Kami hawatir dengan salah memberi produk kebersihan, malah akan merusak sofa sehingga tidak memiliki nilai antik lagi.

Berikut adalah 3 tips untuk membantu membersihkan kulit Anda saat terjadi kecelakaan kecil di rumah Anda.

Tapi ada cara dasar membersihkan sofa kulit Anda yang tidak perlu menjadi pertimbangan besar. Berikut adalah tiga tips dasar untuk membantu Anda bagaimana membersihkan sofa berbahan dasar kulit tersebut.

Baca Juga Jasa Cuci Springbed Terpercaya

Segera Bersihkan Cairan Yang tertumpah

Salah satu kelebihan bahan kulit adalah kemampuan untuk menahan cairan, oleh sebab itu usahakan selalu mengelap tumpahan cairan yang berada diatas sofa kulit anda. Dikarenakan bahan kulit merupakan bahan alami, jika ada satu genangan cairan yang menetap dan tak segera dibersihkan, justru hal ini yang akan memancing jamur tumbuh dengan subur di permukaan sofa.



Kala jamur ini muncul ditandai dengan bercak hitam yang akan membuat lapisan sofa kulit anda tampak pudar. Jika jamur ini sudah mulai muncul, jangan harap anda bisa menghilangkannya dengan mudah. Karena butuh proses pengelantangan yang membuat warna kulit kembali prima

Gunakan sabun berbahan dasar pelembab

Jika tiba saatnya membersihkan lapisan sofa berbahan kulit anda, jangan pernah menggunakan sabun berbahan kimia keras seperti detergent. Cukup gunakan air hangat dan sabun yang mengandung banyak pelembab. Kegunaan pelembab ini sama seperti ketika anda mandi dan mengoleskannya keseluruh tubuh, kulit anda pasti terasa kenyal dan terawat. Hal serupa juga dialami oleh sofa berbahan kulit, karena lapisan polymer pada sofa tersebut mirip seperti kulit pada tubuh kita. Walau ketebalannya jelas berbeda.

Dengan menjaga kelembaban lapisan sofa anda, maka setiap noda yang terserap akan lebih mudah lepas dengan sedikit perlakuan. Begitu anda berhasil mengatasi noda yang melekat dengan baik, gunakan kain lembab untuk menyeka daerah yang tadi dibersihkan, gosok satu arah dan terakhir seka dengan kain kering agar warna lapisan kulit pada sofa lebih bersinar.

Pastikan menguji pembersihan pada area kecil

Jangan lakukan pembersihan pada langkah kedua di atas sebelum mengujinya di area yang lebih sedikit nodanya. Tujuannya adalah kita ingin memastikan bahwa sabun yang digunakan tidak akan merusak permukaan kulit, atau membuat noda lebih buruk.

Semoga tips ini bisa membantu Anda saat perlu membersihkan sofa kulit Anda. Dengan sedikit perawatan dan beberapa perlakuan sederhana, kita bisa menjaga sofa kulit kesayangan tetap seperti baru selama bertahun-tahun.

Lagipula, rentang hidup sofa atau kursi kulit 4x lebih lama dari kain pelapis. Meskipun saya menemukan bahwa cara terbaik untuk merawat perabotan adalah dengan sebuah aturan dasar, yaitu jangan mengkonsumsi makanan atau minuman didekat sofa berbahan kulit.